Kajian Sabtu Pagi, Kajian Fiqih

MTs SAFINDA. News

Kajian Sabtu Pagi – dimulai pada hari Sabtu, 29 Januari 2022 merupakan kegiatan perdana yang diadakan oleh Bapak Ketua Yayasan Drs. Choirul Anam, M.E.I. Kegiatan ini diikuti oleh segenap murid dari kelas 3 MI – 3 MA dan segenap Guru-guru SAFINDA Surabaya. Kajian ini bertempat di Aula SAFINDA Lt. 4.

Suasana Kajian Fikih bersama Drs. Choirul Anam, M.E.I

Kegiatan ini dimulai pada pukul 06.20 dengan diawali pembacaan Istighosah bersama anak-anak dan guru-guru, setelah itu dilanjutkan dengan Kajian Fikih. Untuk pembahasan pertama yang disampaikan oleh Drs. Choirul Anam, M.E.I mengenai “Asal Lafadz Allah”. Lafadz Allah asalnya adalah Ilaahun seperti lafadz Kitaabun dan Imaamun. Lalu Hamzah dibuang demi memudahkan lalu menggantinya dengan alif lam. ini pendapat yang shohih. Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca di buku “Kompilasi Fikih” yang disusun oleh H. M. Ali Maghfur Syadzili Iskandar, Majelis Kajian Fathul Qorib Surabaya.

Buku Fikih yang digunakan untuk Kajian

Anak-anak tidak hanya sekedar mendengarkan apa yang disampaikan oleh pemateri, karena mereka juga bisa membaca buku Fikih ini yang didapatkan dengan harga Rp 50.000,00. Penanggung jawab pelaksanaan kegiatan ini adalah Murid-murid dan Guru-guru MTs – MAK SAFINDA. Program selanjutnya adalah pembuatan Majalah Dinding khusus untuk Kajian Fikih, di dalamnya terdapat beberapa pertanyaan dari murid-murid dan dijawab oleh Guru-guru. Untuk Pemateri pada Kajian Fikih ini bukan hanya Ustadz Anam, namun Guru-guru yang lainya juga akan mendapatkan jadwal untuk menyampaikan meteri.

Seorang murid bernama Aditya mencatat apa yang disampaikan oleh Pemateri saat kajian Fikih.

Semoga kita semua senantiasa menjadi Hamba yang cinta Ilmu, sehingga kita memiliki banyak pengetahuan terkhusus mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Ubudiyah. “Uthlubil ‘ilma minal mahdi ila lahdi”, yang artinya tuntutlah ilmu dari buaian hingga ke liang lahat.